Rabu, 01 Februari 2012

BUKA REKENING DI BRI SYARIAH.

,
Sebenarnya saya sudah punya 2 rekening bank selain BRI Syariah yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri, yang kesemuanya di gunakan untuk menerima setoran gaji (masih jadi kuli..hehehe) & operasional Toko Online "www.busanamuslimkiasati.blogspot.com"(usaha merestorasi diri biar tidak jadi orang suruhan terus). Seperti yang mungkin anda-anda sudah mengetahui bahwa di BRI Syariah terkenal dengan program emasnya yaitu : GADAI EMAS ato lebih di kenal dengan KEBUN EMAS(nama yang aneh..perlu di sirami dan pake pupuk juga gak ya...?)& KLM (KEPEMILIKAN LOGAM MULIA).

GADAI EMAS :   Mulyadi ( Analis trader dan investasi emas, Mulyadi Tjung ) mencontohkan, misalnya investor yang mempunyai uang Rp500 juta kemudian membeli emas sebanyak satu kilogram (kg). Kemudian, emas satu kilogram itu dijaminkan dengan cara digadaikan sehingga mendapatkan dana Rp400 juta. "Terus uangnya dibelikan lagi emas 0,8 kg, sehingga dengan uang Rp500 juta sekarang bisa mendapatkan emas 1,8 kg," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Mulyadi, seandainya harga emasnya naik menjadi Rp550 ribu per gram, maka keuntungan jika hanya berinvestasi emas biasa hanya Rp50 ribu dikalikan 1.000 gram sama dengan Rp50 juta. "Dengan digadai, keuntungannya itu Rp50 ribu dikalikan 1.800 gram sama dengan Rp90 juta," kata dia.

Dia menuturkan, biasanya gadai emas syariah jika dikonversikan biaya-biayanya sekitar 1,1-1,3 persen. Namun, lanjut Mulyadi, permasalahannya adalah jika harga emas turun Rp50 ribu per gram, secara konvensional investor akan rugi Rp50 juta. "Kalau gadai sekali, maka akan rugi Rp90 juta," ujarnya. ( Via : Vivanews )

Berkebun emas high risk, High return banget kan???. karena resikonya yang besar kabarnya BANK INDONESIA mulai membatasi kegiatan gadai emas ini dan beberapa kalangan syariah juga meragukan ke"syariah"-an sistim kebun emas ini.

KLM (KEPEMILIKAN LOGAM MULIA) : Program ini di peruntukkan bagi kalangan yang ingin memiliki emas batangan dengan cara mencicil (kredit). Emas yang di gunakan bisa dari emas antam ataupun emas loka (non antam).
Akad pembiayaan yang digunakan :
  • Akad Qardh : untuk pinjaman yang diberikan kepada Nasabah untuk tujuan pemilikan emas, tanpa adanya tambahan margin. Adapun pengembalian pinjamannya adalah dengan cara angsuran per bulan
  • Akad Ijarah : merupakan pendapatan Ujroh sebagai pendapatan pemeliharaan dari penyimpanan emas yang dijaminkan secara gadai karena adanya pinjaman Qardh yang diberikan.

OBJEK PEMBIAYAAN

  • Gold Bar ANTAM dengan berat :  5 gram; 10 gram; 25 gram; 50 gram; 100 gram; 250 gram; 1000 gram
  • Bentuk emas lainnya : Emas Batangan NON ANTAM
JANGKA WAKTU PINJAMAN
  • Minimal    :      6 bulan
  • Maksimal  :  180 bulan

UANG MUKA

  • Minimal 10% dari Harga Beli Emas (untuk produk emas Antam)
  • Minimal 15% dari Harga Beli Emas (untuk produk dari toko emas lokal)
Program inilah yang akhirnya menggerakkan saya  untuk membuka rekening di BRI syariah. Selain ingin melakukan investasi yang aman juga penasaran ingin mengetahui bagaimana bentuk asli dari emas batangan karena selama ini hanya bisa liat dari film-film (kliatan klo udik yachhh). Setelah browsing sana-sini ketemu web dari BRI SYARIAH ( http://www.brisyariah.co.id). Cek syarat pembukaan rekening dan lokasi kantor cabang terdekat, klo di surabaya :

KCI SURABAYA (GUBENG)
Jl Raya Gubeng No. 40
Surabaya, JI
Indonesia
Phone: 031-5021233 / 5036644

KCP SURABAYA RUNGKUT
Komp. Ruko Rungkut Megah Raya Blok. L 2-3 Jl. Raya Kali Rungkut No. 3
Surabaya, JI
Indonesia
Phone: 031-8721857/8703385

KCP SURABAYA
HR Muhammad Bukit Darmo Boulevard 2B
Surabaya, JI
Indonesia
Phone: 031-7320799

Karena rumah ada di daerah rungkut (pinggiran/surabaya coret) langsung tancap gas ke KCP Surabaya Rungkut di  Komp. Ruko Rungkut Megah Raya Blok. L 2-3 Jl. Raya Kali Rungkut No. 3. Sampe disana ketika liat banner di atap kantornya agak ragu juga sih karena hanya ada tulisan BRI(bank Rakyat Indonesia) tanpa embel-embel syariah. Daripada kelamaan bengong di depan(entar malah di kira rampok) putusin masuk saja. Di pintu sudah di sambut oleh satpam yang dengan sigap membukakan pintu dan menanyakan maksud dan tujuan saya ke BRI. Setelah mengutarakan maksud kedatanganku , kemuadian aku di suruh mengambil nomor antrian ke Customer Service, karena masih penasaran ke dua kalinya saya bertanya ke satpam tersebut "pak saya mau buka rekening BRI syariah..."sengaja saya kerasin kata-kata "SYARIAH"-nya. Dengan sedikit kaget satpam tersebut lalu menjelaskan "Wah kalau yang syariah..tidak bisa dari sini.....karena lain manajemen". lalu dia memberikan alamat terdekat BRI Syariah yang terdekat yaitu sebelum ke PT SIER....alamak....berarti aku harus kembali lagi alias putar balik padahal jam sudah mepet mau masuk kantor. Langsung dah tancap gas ke arah yang telah di tunjukkan satpam tersebut, sambil terheran-heran, kok bisa bank sekelas BRI salah menuliskan alamat, bahkan sampe tulisan ini di upload masih salah tuh alamat. Mendekati alamat yang di tuju langsung aku kurangi kecepatan motorku, di sebelah kiri jalan aku melihat samar-samar logo BRI Syariah. Setelah parkir sepeda aku bergegas masuk dengan penuh keyakinan.Sama seperti BRI sebelumnya , sudah ada satpam menyambutku dan menanyakan keperluan serta memberikan kartu antrian Customer Service. "silahkan duduk dulu" kata satpam..kenapa harus duduk ya..di CS ga ada orang sama sekali, 3menitan menunggu aq di panggil sang CS (ini baru seger....asli manis bro, pake jilbab lagi....ya iyalah namanya juga bank syariah). Sekali lagi di tanyakan keperluanku (perasaan udah 3x ini dalam hari yang sama),lalu mbak CS tersebut (Sory kelupaan tanya namanya bro....keasyikan liatin mukanya..hehehe) membuka buku tebalnya (sumpah tebel banget bri...seperti kitab ato primbon) dia jelaskan 1 persatu produk2nya. "aq pilih yang tabungan harian mbak" kataku dengan mantap. kemudian dia minta KTP dan aku di suruh mengisi formulir kelengkapan data. Selesai mengisi aku kembalikan formulir tersebut, setalah di terima mbak CS bilang "mungkin baru sore atau besok, buku dan atm-nya bisa jadi"...duenggg lama amat pikirku..."karena internetnya lagi offline" jelasnya lagi.... Oke deh klo memang seperti itu ya gpp... .Ternyata enak juga membuka Rekening di sini ga ribet..
Syarat :1 KTP (domisili kota di mana Bank berada)..udah itu aja
Fasilitas : 1.Tidak ada Biaya Administrasi bulanan 
               2.Tidak ada Biaya ATM    
               3.Bebas Tarik tunai di ATM bersama dan Prima(BCA) tanpa potongan biaya
               4.Mendapatkan Bagi Hasil sesuai syariah setiap bulannya. 





3 komentar to “BUKA REKENING DI BRI SYARIAH.”

  • 12 Desember 2012 22.10

    Biaya pembuatan rekeningnya brapa gan ?

    dan, apakah orang yang beda kota bisa buat ?
    (misal: ane orang Sidoarjo, buatnya di Surabaya)
    Thanks.

    bales di email ane ya gan ! :)

  • 15 Desember 2013 19.59
    printerzebra says:

    Alhamdulillah.. sudah waktunya beralih ke Syariah

  • 25 Oktober 2014 14.47
    Anonim says:

    Anda membutuhkan pinjaman untuk operasi mendesak hubungi kami di jeamwhiteloan@gmail.com

Poskan Komentar

 

Berbagi Info Copyright © 2011 -- --